Upacara HAB Ke-70 Kemenag RI Tahun 2016 di Kab. Bantaeng Berlangsung Khidmat di Balai Kartini.

(Humas Kemenag Bantaeng) - Upacara Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-70 Kemenag RI Tahun 2016 di Kab. Bantaeng kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika upacara HAB Kemenag selama ini dilaksanakan di lapangan terbuka sebagaimana lasimnya, maka tahun ini Upacara HAB Kemenag di Kab. Bantaeng yang dirangkaikan dengan ramah tamah, praktis dilaksanakan di dalam gedung.

Berdasarkan pertimbangan cuaca yang sudah memasuki musim penghujan di kota Bantaeng dan sekitarnya, panitia kemudian berinisiatif untuk menggelar upacara HAB kali ini di dalam ruangan. Terpilihlah Gedung Balai Kartini yang kerap dipakai oleh jajaran Pemkab Bantaeng untuk menggelar acara-acara penting karena tempatnya yang cukup luas dengan suasana yang tenang, sejuk, dan nyaman.

Meskipun sempat diwarnai protes dan intrupsi pada rapat terakhir pemantapan Panitia HAB Kemenag Bantaeng, namun atas restu dari Ka Kankemenag Bantaeng, dan hasil audiens dengan Bapak Bupati Bantaeng, Ketua Panitia H. Muh Arfah, S.Ag beserta sekretaris panitia Djamaluddin, S.Ag akhirnya memutuskan Upacara HAB ke-70 digelar di Balai Kartini yang langsung dirangkaikan dengan Ramah Tamah.

Bupati Bantaeng Prof. Dr. Ir. H. M. Nurdin Abdullah, M.Agr yang pada saat audiens dengan panitia HAB didampingi Ka Kankemenag Bantaeng dirumah kediaman  menyatakan bersedia hadir, bertindak selaku inspektur upacara dan berkesempatan membacakan Sambutan Seragam Menteri Agama RI dalam rangka HAB ke-70 Kemenag RI Tahun 2016, dihadapan segenap warga Kementerian Agama Kab Bantaeng beserta tamu dan undangan lainnya.

Upacara HAB di Kemenag Bantaeng kali ini memang cukup unik, karena pada saat sesi upacara semua kursi yg ada diruangan dipinggirkan sebagaimana layaknya lapangan upacara, dan setelah upacara selesai, semua peserta upacara masing-masing mengambil kursi yang disingkirkan tadi kemudian kembali ke tempat semula untuk memasuki sesi selanjutnya, yaitu acara Ramah Tamah, namun semua peserta upacara mengakui bahwa upacara dalam rangka memperingati HAB ke-70 Kemenag RI di Kab. Bantaeng kali ini sungguh terasa lebih Khidmat dan nikmat karena dilaksanakan didalam ruangan yang Full AC dan tentunya jauh dari teriknya matahari serta hujan..

Upacara HAB Kemenag yang dirangkaikan ramah tamah kali ini, selain dihadiri oleh segenap pegawai lingkup Kantor Kemenag Kab. Bantaeng, juga dihadiri oleh beberapa unsur veteran atau purna karya Kementerian Agama yang sebelumnya bernama Departemen Agama.

Dalam Upacara HAB ke-70 Kemenag yang dirangkaikan dengan ramah tamah tersebut, Bupati Bantaeng berkesempatan untuk menyerahkan piala kepada 3 pemenang Lomba Administrasi KUA tingkat Kab.Bantaeng dalam rangka memperingati HAB ke-70 Kemenag, yakni KUA Tompobulu sebagai Juara 1 disusul KUA Eremerasa dan KUA Gantarangkeke sebagai Juara 2 dan 3, dan kepada yang beruntung mendapatkan hadiah utama door prize Gerak jalan kerukunan kemarin, Bupati Bantaeng menyerahkan secara langsung hadiah yang dimaksud berupa 1 buah sepeda motor jenis matic, sedangkan kepada yang beruntung mendapatkan hadiah paket Umrah akan berhubungan langsung dengan Bagian Kesra Pemkab Bantaeng. Selamat kepada para Pemenang. Dirgahayu Kementerian Agama RI yang Ke-70 dengan tema meneguhkan Revolusi Mental untuk Kementerian Agama yang Bersih dan Melayani. Sukses dan jayalah selalu Kemenag bersama motto Ikhlas Beramal. (hum)